Blog Bagyo Edi

IT is incredible

TUGAS PENGENALAN WEB

Mei31

 CSS

Cascading Style Sheets (CSS) adalah suatu bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen HTML. CSS memungkinkan kita untuk mengatur tampilan dari banyak dokumen html dengan satu file serta untuk merubah tampilan dari banyak dokumen html tersebut secara cepat dan praktis. Sederhanya CSS merupakan kumpulan dari tag html yang kita buat kedalam satu file dan dengan metode penulisan tersendiri yang telah distandarisasi oleh W3C (World Wide Web Consortium).

Mengapa harus menggunakan CSS?

Seperti yang telah kita ketahui dengan tag html pun kita telah bisa mengatur tampilan halaman html tersebut dan mengapa harus menggunakan CSS lagi? Banyak manfaat jika kita mengatur tampilan menggunakan CSS.

Bayangkan jika anda misalnya ingin mengganti warna font di web/blog anda, tentu saja anda harus mengedit lagi satu persatu file html dari web/blog tersebut. dan bagaimana jika filenya berjumlah puluhan bahkan ratusan??  hmmm.. pasti akan banyak memakan waktu dan tenaga bukan?? dengan CSS kode HTML menjadi lebih sederhana dan lebih mudah diatur.

 

Bagaimana cara menggunakan CSS?

Ada tiga cara penempatan kode CSS dalam HTML, yaitu :

1. Internal CSS

Yaitu menuliskan secara langsung script CSS kedalam file HTML.

Contoh :

<html>

<head>

<title>CSS Pertamaku</title>

<style type=”text/css”>

p {color: white;}

body {background-color: black;}

</style>

</head>

<body>

<p>Ayo belajar CSS</p>

</body>

</html>

Keterangan : yang berwarna biru adalah script CSS

 

2. External CSS

External CSS adalah kita membuat file CSS tersendiri dengan eksistensi *.css dan terpisah dari file html dan didtempatkan di folder lain atau di folder yang sama dengan file html tersebut. browser akan menbaca file tersebut dan akan menampilkan file html sesuai dengan format yang telah kita atur dalam file CSS.

Contoh :

<html>

<head>

<title>CSS Pertamaku</title>

<link rel=”stylesheet” type=”text/css” href=”file.css”/>

</head>

<body>

<p>Ayo belajar CSS</p>

</body>

</html>

Keterangan : yang berwarna biru adalah lokasi dari file CSS

 

3. Inline CSS

Yaitu menuliskan secara langsung script CSS kedalam tag HTML.

Contoh :

<html>

<head>

<title>CSS Pertamaku</title>

</head>

<p style=”background: blue; color: white;”>Ayo belajar CSS</p>

</body>

</html>

Keterangan : yang berwarna biru adalah script CSS

Dari ketiga cara di atas saya menganjurkan anda untuk menggunakan Eksternal CSS

 

Sintaks CSS

Dalam menuliskan tag CSS maka terdapat sedikit perbedaan dalam aturan penulisan dengan tag HTML. jika dalam HTML kita akan memformat suatu komponen maka kita gunakan tag dan atribut. contohnya jika kita ingin memformat paragraf menggunakan align (perataan kanan kiri) maka kita menggunakan sintaks berikut <p align=”center”>. p adalah tag dan align=”center” adalah atributnya.

Sedangkan jika menggunakan CSS, sintaks yang kita gunakan adalah Selector, Property dan Value

Penulisan kode CSS dibuat menjadi tiga bagian, yaitu:

selector { property1: value; property2:value; dst}

 

Selector

Selector pada CSS sama dengan tag atau komponen pada HTML yaitu yang terdapat antara tanda < dan tanda > misalnya <h1>, <p>, <b> dll.

Property

Selector pada CSS sama dengan atribut pada HTML yaitu. berfungsi untuk memberi nilai dari selector.

Value

Value adalah nilai yang kita berikan kepada property

Contoh :

Jika di HTML kita memformat paragraf dengan <p align=”right”> maka dengan CSS menjadi p {text-align: right;}

Keterangan :

 

p adalah selector dan text-align adalah property, right; adalah value atau nilai dari property.

jika di HTML kita menggunakan tanda <> tetapi pada CSS kita menggunakan tanda {}

p dalam CSS tidak terdapat dalam tanda { dan tanda } tetapi sebelum tanda tersebut.

Jika dalam HTML untuk menunjukan Value atau nilai dari atribut kita menggunakan sama dengan (=) sedangkan dalam CSS untuk menunjukan value atau nilai dari property kita menggunakan tanda titik dua (:).

setelah memberi value di CSS, kita harus menambahkan tanda titik koma (;) di belakangnya.

Jika selector lebih dari satu dan memiliki property dan value yang sama maka gunakan tanda koma (,)

Dalam CSS ada istilah Class dan ID, apakah itu?

 

Class Selector

Dengan class selector kita dapat mendefinisikan perbedaan style untuk tag elemen html yang sama. Misalnya dua type paragraf, peragraf pertama menggunakan align-left dan yang paragraf satu lagi menggunakan align-center.

Contoh Penggunaan atribut class di dalam HTML :

<p class=”left”>

Paragraf ini rata kiri

</p>

<p class=”left”>

paragraf ini rata tengah

</p>

maka penulisan pada file CSS-nya menjadi :

.left {text-align: left}

.center {text-align: center}

Keterangan :

Pada penulisan nama class dalam file CSS diawali dengan tanda titik (.)

Tidak dianjurkan memberi nama class dengan angka

Nama class tidak boleh menggunakan spasi, jika nama class lebih dari dua suku kata maka berikan tanda hubung (-) atau (_)

ID Selector

ID selector digunakan dengan tujuan mendefinisikan per-elemen dasar. setiap halaman id selector hanya boleh digunakan dengan satu id unik, itulah yang menjadi perbedaannya dengan class selector. Dengan class selector kita dapat mendefinisikan perbedaan style untuk tag elemen html yang sama. tetapi dengan id selector kita hanya diperbolehkan memanggil satu id untuk satu elemen yang sama.

Contoh:

<p id=”tebal”>

Paragraf ini ditulis dengan huruf tebal dan warna merah

</p>

<p id=”miring”>

Paragraf ini ditulis dengan huruf miring dan warna biru

</p>

maka penulisan pada file CSS-nya menjadi :

#tebal { font-weight : bold;

color : red; }

#miring { font-style : italic;

color: blue; }

 

Keterangan :

pada penulisan nama id dalam file CSS diawali dengan tanda pagar (#)

Nama id dapat ditulis dengan angka, huruf atau garis bawah

Karakter pertama sebaiknya huruf atau garis bawah (_)

Dalam aturan standarnya ada beberapa perbedaan antara selector id dan class yang perlu anda ketahui, tetapi pada prakteknya tidak terlalu diperhatikan dan dianggap sama aja

Penulisan Komentar Dalam CSS

Dalam pemograman kita mengenal istilah komentar yaitu bermanfaat untuk memberi penjelasan pada bagian tertentu dari kode yang kita tulis. dan tulisan ini tidak akan ikut dieksekusi oleh browser.

Cara memberi komentar pada CSS adalah diawali tanda /* dan di akhiri tanda */

Contoh :

.left {text-align: left}

.center {text-align: center}/*ini adalah komentar*/

by posted under Tak Berkategori | 41 Comments »    

CLOUD COMPUTING

September7

Apa itu cloud computing?

Jika diartikan cloud computing adalah komputer awan. Cloud computing adalah gabungan dari pemanfaatan teknologi (komputasi) dan pengembangan berbasis internet (awan). Cloud computing merupakan sebuah metode komputasi dimana kemampuan TI disediakan sebagai layanan berbasis internet.

Kita bisa bayangkan cloud computing itu seperti sebuah jaringan listrik. Jika kita butuh listrik, kita tidak harus punya pembangkit listrik. Kita hanya perlu menghubungi penyedia layanan listrik, yaitu PLN untuk menyambungkan rumah kita dengan jaringan listrik dan kita tinggal menikmatinya saja. Dan pembayaran kita lakukan sesuai dengan besaran pemakaiannya.

Kalau listrik aja bisa begitu, kenapa layanan komputasi tidak bisa? Contohnya, jika sebuah perusahaan membutuhkan aplikasi CRM (Costumer Relationship Management). Kenapa perusahaan itu harus membeli aplikasi itu, membeli hardware buat server dan harus menyewa tenaga ahli TI khusus untuk menjaga server dan aplikasi itu?

Disinilah cloud computing itu berperan. Dalam contoh di atas, perusahaan Microsoft telah menyediakan aplikasi CRM yang dapat langsung digunakan oleh perusahaan yang membutuhkan tadi. Perusahaan yang membutuhkan itu tinggal menghubungi perusahaan Microsoft untuk menyambungkan perusahaannya (dalam hal ini melalui internet) dengan aplikasi CRM & tinggal memakainya. Pembayaran dilakukan per bulan, per triwulan, per semester, per tahun atau sesuai kontrak yang dibuat. Jadi, perusahaan yang membutuhkan aplikasi CRM tadi, tidak perlu melakukan investasi awal untuk pembelian hardware server dan tenaga ahli TI. Itulah salah satu manfaat dari cloud computing yang dapat menghemat anggaran suatu perusahaan.

Cloud computing mempunyai 3 tingkatan layanan yang diberikan kepada pengguna, yaitu:

  1. Infrastructure as service, hal ini meliputi Grid untuk virtualized server, storage & network. Contohnya seperti Amazon Elastic Compute Cloud dan Simple Storage Service.
  2. Platform as a service, hal ini memfokuskan pada aplikasi dimana dalam hal ini seorang developer tidak perlu memikirkan hardware dan tetap fokus pada pembuatan aplikasi tanpa harus mengkhawatirkan sistem operasi, infrastructure scaling, load balancing dan lain-lain. Contohnya yang sudah mengimplementasikan ini adalah Force.com dan Microsoft Azure investment.
  3. Software as a service: Hal ini memfokuskan pada aplikasi dengan Web-based interface yang diakses melalui Web Service dan Web 2.0. Contohnya adalah Google Apps, SalesForce.com dan aplikasi jejaring sosial seperti FaceBook.

Kelebihan Cloud Computing

  1. Menghemat biaya investasi awal untuk pembelian sumber daya.
  2. Bisa menghemat waktu sehingga perusahaan bisa langsung fokus ke profit dan berkembang dengan cepat.
  3. Membuat operasional dan manajemen lebih mudah karena sistem pribadi/perusahaan yang tersambung dalam satu cloud dapat dimonitor dan diatur dengan mudah.
  4. Menjadikan kolaborasi yang terpercaya dan lebih ramping.
  5. Mengehemat biaya operasional pada saat realibilitas ingin ditingkatkan dan kritikal sistem informasi yang dibangun.

Kekurangan Cloud Computing

Komputer akan menjadi lambat atau tidak bisa dipakai sama sekali jika internet bermasalah atau kelebihan beban. Dan juga perusahaan yang menyewa layanan dari cloud computing tidak punya akses langsung ke sumber daya. Jadi, semua tergantung dari kondisi vendor/penyedia layanan cloud computing. Jika server vendor rusak atau punya layanan backup yang buruk, maka perusahaan akan mengalami kerugian besar.

 

by posted under Tak Berkategori | 23 Comments »    

TAHUKAH KAMU..??

September7

Tahukah Asal-usul Lambang @ di E-mail

Kehadiran e-mail atau surat elektronik memudahkan pekerjaan kita, terutama untuk mengirim file-file secara cepat. Dalam alamat e-mail, kita menggunakan lambang @ atau yang sering dibaca at. Namun, tahukah Anda asal-usul lambang yang begitu sederhana tapi penting itu?

Di tahun 1972, seorang insinyur pendiam bernama Ray Tomlison sukses mengirimkan e-mail pertama antara dua mesin. Waktu itu ia memilih menggunakan lambang @. Alasannya ternyata sederhana, karena menurutnya lambang itu lumayan membantu sebab mirip huruf a untuk address atau alamat lembaga pemilik e-mail yang dituju. Dari sinilah lambang @ terus dipakai hingga sekarang.

 

Pencipta WWW

Tim Berners Lee adalah sang penemu konsep World Wide Web (www) pertama kali pada tahun 1991. Hingga kini ia adalah orang yang sangat rendah hati.

Salah satu kontribusi terbesarnya dalam memajukan World Wide Web adalah dengan tidak mempatenkannya sehingga masih dapat digunakan secara bebas. Cobalah anda beripikir seandainya ia dulu mematenkan konsep www tersebut, barangkali internet tak akan seperti sekarang.

 

Asal Usul Apel di Logo Apple

Gambar buah apel yang tergigit menjadi logo Apple yang begitu populer saat ini. Awalnya, perusahaan Steve Jobs tersebut menggunakan logo bergambar Isaac Newton yang sedang duduk di bawah pohon apel. Logo yang didesain Ronald Wayne ini dibuat tahun 1976.

Logo itu kemudian diubah Rob Janoff menjadi buah apel berpelangi yang digunakan dari tahun 1976-1998. Selanjutnya logo yang digunakan hingga saat ini adalah buah apel tergigit. Konon, gigitan apel tersebut terinspirasi dari Alan Turning, bapak komputer modern yang mengakhiri hidup dengan memakan apel yang mengandung sianida.

by posted under Tak Berkategori | 3 Comments »    

apa itu COBOL???

September7

COBOL adalah singkatan dari Common Business Oriented Language yang berarti suatu bahasa tingkat tinggi yang beroroentasi langsung pada masalah bisnis. Dari namanya dapat ketahui bahwa cobol adalalah bahasa pemrograman yang digunkana dalam dunia bisnis. Cobol juga dapat digunakan untuk pengolahan database, aplikasi perbakan dan accounting.

Kelebihan cobol:

- Program cobol sesuai untuk pengolahan data yang banyak digunakana pada permasalahan bisnis.

- Program cobol bersifat standard, sehingga dapat digunakan pada komputer-komputer berbeda tanpa banyak perbedaan.

- Struktur programnya jelas, sehingga lebih mudah dimengerti oleh orang yang memiliki pengetahuan tetang pengolahan data sedikit seperti, akuntan, auditor dan manajer-manajer lainnya.

- Cobol menyediakan fasilitas listing program sehingga data dapat diperiksa oleh orang lain selain programmernya.

- Mudah di dokumentasikan dan dikembangkan bila diperlukan.

- Cobol juga masih dapat dikomunikasikan dengan program lainya seperti web service, SOA, tandem dan lain-lainnya.
Berikut beberapa contoh apliaksi cobol yang di gunakan dalam dunia kerja :

  • C+ + bahasa pemrograman, berorientasi objek COBOL compiler yang tersedia bahkan sebagai bahasa bergerak ke arah standardisasi.
  • NetCOBOL menyediakan teknologi untuk migrasi mainframe COBOL dari dan ke dalam. NET lingkungan di mana ia dapat berjalan pada komoditi lebih murah blade server dan berinteraksi dengan aplikasi yang ditulis dalam bahasa Microsoft yang lebih baru, seperti Visual Basic dan C #.
  • COBOL Redvers XML Interface memberikan aplikasi cobol dengan akses cepat dan effisien ke dunia XML dan layanan web. produk ini ditulis dalam COBOL asli dan hanya memerlukan pengkodean COBOL record layout dan CALL statement untuk menghasilkan tau mengurai well-formed XML document lainnya.
  • PowerCOBOL : untuk membuat aplikasi grafis dengan Cobol.
  • Data Converter : konversi data alat untuk Cobol dan file lainnya
  • PowerFORM: untuk mencetak alat pada program cobol
  • PowerGEM:grafis perpustakaan system control sumber.
  • PowerBSORT: digunakan untuk mengurutkan pada pengolahan program cobol.
by posted under Tak Berkategori | 1.161 Comments »    

Motivasi, Harapan dan Target

September7

Motivasi masuk STMIK AKAKOM

- Ingin belajar dunia teknologi informasi

- Mengikuti perkembangan teknologi informasi

- Dunia teknologi informasi dapat diterapkan dalam banyak aspek, dari pendidikan sampai bisnis

- STMIK AKAKOM menyediakan jenjang D3 sehingga kuliah tidak terlalu lama

- Fasilitas di STMIK AKAKOM baik

- Lebih banyak praktik sehingga mahasiswa lebih mudah paham dan perkuliahan tidak membosankan

 

Harapan

- Dapat mengetahui dunia teknologi informasi lebih banyak lagi

- Dapat menguasai tentang dunia teknologi informasi lebih banyak lagi

- STMIK AKAKOM dapat memberikan fasilitas yang baik dan menunjang bagi mahasiswa

- Materi maupun praktik yang diberikan sesuai dengan tuntutan teknologi sekarang

 

Target

- Dapat memahami semua materi dan praktik yang diberikan

- Selalu mendapat hasil yang memuaskan

- Lulus tepat waktu

- Lulus dengan hasil yang baik dan pengalaman yang berguna bagi masa depan

- Cepat mendapatkan pekerjaan

- Mempunyai keahlian yang baik dan dapat bekerja profesional

- Mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian

 

by posted under Tak Berkategori | 181 Comments »    

Tentang Saya

September7

Nama lengkap         : Bagyo edi suryono

Nama panggilan      : Bagyo

TTL                      : Sleman, 25 mei 1985

Hobby                  : Bersepeda dan jalan-jalan

Hal-hal yang disukai :

- Saya sangat suka ketika liburan ke alam seperti pantai, gunung, karena dapat memberikan suasana yang  menyegarkan pikiran setelah banyak pekerjaan yang dilakukan

- Saya suka bermain  dengan  kucing karena dapat menghilangkan perasaan suntuk

- Saya suka dengan seseorang yang bekerja keras dan mau berusaha meski kesempatannya kecil

Hal-hal yang tidak disukai :

- Saya tidak menyukai orang yang mudah menyerah. Karena hidup ini penuh perjuangan dan kerja keras serta pengorbanan yang setimpal.

- Saya tidak menyukai orang yang membuang kesempatan yang telah diberikan. Terutama kesempatan kedua.

- Saya tidak menyukai orang yang bekerja setengah-setengah dan sombong akan kemampuannya sendiri. Kita hidup pasti kan butuh orang lain.

Kelemahan pada diri :

- Saya adalah seorang yang mempunyai sifat agak pendiam, pemalu, sehingga merasa gugup jika harus berbicara di depan orang banyak

by posted under Tak Berkategori | 11 Comments »