www.Ex7-Newbie.Org

♣Portal Seven♣

Multimedia

◘Enterprise resourceS◘

Ensiklopedia

Definisi Enterprise Resources Planning

Written By Admin
  • E-mail
  • Print
  • PDF

Definisi Enterprise Resources Planning
Enterprise Resources Planning ( ERP ) telah berkembang cukup lama, sejak tahun 1980. ERP merupakan evolusi dari Material Requirement Planning (MRP) dan Manufacturing Resource Planning II (MRP II). Seiring dengan perkembangan ERP, banyak peneliti dan praktisi bisnis yang turut serta mendefinisikan ERP. Berikut ini adalah beberapa definisi ERP :
1. Enterprise Resources Planning adalah suatu metode untuk perencanaan efektif dan pengendalian seluruh sumber daya yang diperlukan untuk mengambil, membuat, mengirim, dan menghitung pesanan konsumen pada suatu perusahaan manufaktur, perusahaan distribusi maupun perusahaan jasa .
2. Enterprise Resources Planning adalah sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahaan manufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengoptimasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun distribusi di perusahaan terkait. 3. Sistem ERP adalah sekumpulan paket sistem informasi yang dibangun dan diimplementaskan sebagai fasilitator terwujudnya konsep ERP di suatu perusahaan.
4. Enterprise Resources Planning adalah suatu sistem perencanaan dan penjadwalan dengan alat bantu komputer yang mengintegrasikan seluruh fungsi penjualan, produksi, akuntansi, dan distribusi dengan sasaran untuk mengoptimalkna semua sumber daya : material, sumber daya manusia, dan kapasitas mesin.
5. ERP merupakan sistem yang didesain untuk melakukan otomatisasi proses bisnis untuk perusahaan kelas Enterprise .
6. Sistem ERP adalah aplikasi yang dapat mendukung transaksi atau operasi sehari-hari yang berhubungan dengan pengelolaan sumber daya sebuah perusahaan, seperti dana, manusia, mesin, suku cadang, waktu, material dan kapasitas. Sistem ERP dibagi atas beberapa sub-sistem yaitu sistem Finansial, sistem distribusi, sistem Manufaktur, sistem Maintenance dan sistem Human Resource .

 

Dari berbagai definisi di atas, untuk penelitian ini, Enterprise Resources Planning didefinisikan sebagai suatu sistem yang mengintegrasikan seluruh proses bisnis lintas fungsi dari sebuah perusahaan manufaktur maupun perusahaan jasa yang digunakan untuk perencanaan dan pengendalian penjualan, produksi, akuntansi, dan distribusi untuk mengoptimalkan proses bisnis perusahaan dan mengelola sumber daya perusahaan secara lebih efektif dan efisien.