MODUL IV

VENDOR DAN PRODUK

A.  PEMBAHASAN

Vendor adalah data pemasok pada perusahaan-perusahaan sesuai dengan produk-produk yang akan ditawarkan kepada perusahaan yang bersangkutan, sehingga perlu adanya pencatatan data mengenai pemasok dan data produk itu sendiri.

Dalam pembuatan data pemasok (vendors) sebelumnya tentu harus dibuat data perusahaan dan lain sebagainya, proses pembuatannya sama dengan langkah-langka sebelumnya, yaitu sebagai berikut :

  1. Pilihlah menu program DacEasy Accounting & Payroll 95 untuk mencatat   proses transaksi akun-akun dalam perusahaan yang akan dibuat tersebut.
  2. Untuk membuat data perusaaan yang baru, isilah beberapa isian data yang telah  disediakan untuk membuat Nama Perusahaan sesuai dengan yang diinginkan, yaitu dengan cara :
  • Klik File → New Company → apabila ingin membuat data perusahaan baru, maka akan muncul  → New company wizard → isi – Name : Nama perusahaan (Nama user/Nim); Addres : Alamat; City : Kota; State : Negara; Zip code: Kode pos, dll. Misalnya Nama user Rina Novairi/073110105+ Modul4, Addres : Jl. Janti; City : Yogyakarta; State : Indonesia; Zip code: 55198,  → Next
  • Kemudian mengisi data / tanggal → 01/01/07
  • Untuk membuat chart of account sendiri → klik pada accountant, pilih → account type → pada kotak isian diklik, maka isian akan tersilang, maka akan muncul data directory
C :\ DEAWIN3\COMPANY

 

  •  Untuk menyimpan file, ganti C:\ DEAWIN3\COMPANY menjadi D: atau H: \ Modul 4→ Next
  • Setelah semua terisi, maka perusahaan atas nama kita pun muncul, sesuai dengan isian td.
  1. langkah selanjutnya klik → General Ledger → pilih Chart of Account → klik Add dibagian kiri bawah untuk mengisi Add New Chart → Ok
COA – RINA NOVAIRI
  1. Setelah COA nya di Ok, pilih table Category Type, kemudian pada Title  Sales (Pendapatan), isikan Penjualan pada low & high (kodenya : 41110), Potongan Penjualan pada low & high (kodenya : 41210), Pendapatan Jasa pada low & high (kodenya : 41310), Pendapatan lain-lain pada low & high (kodenya : 41410)
  2. Pada Title  Purchases (Pembelian), isikan HPP low & high (kodenya : 51110), Biaya angkut pada low & high (kodenya : 51210), Biaya pajak pembelian, low & high (kodenya : 51310), Potongan pembelian (51410).
  3. Title Current Aset ( Aktiva lancar) isikan Kas low & high (kodenya : 51110), Piutang dagang pada low & high (kodenya : 11310), Persediaan dagangan, low & high (kodenya : 11410), Cadangan kerugian piutang (kodenya 11420), Biaya dibayar dimuka low & high (kodenya : 11310).
  4. Title Liabilities (Utang) isikan Utang dagang low & high (kodenya : 21110), Utang pajak pada low & high (kodenya : 21210), Pendapatan diterima dimuka  low & high (kodenya : 21220).
  5. Setelah semuanya diisi → klik General LedgerAccount Card, kemudian isi dengan nama-nama akun dan kodenya masing-masing, kode dan nama akun tersebut sesuai dengan yang ada pada soal tambahan, yaitu dari Kas (kodenya : 11110) → Save sampai dengan Biaya lain-lain (kodenya 51550) → Save.
  6. Untuk Nama Bank → klik icon BankBank Card → pada account detail → Bank detail → isikan data Bank yang akan digunakan, misalnya Bank BPD. Ok. → Save.
  7. Klik General Ledger → pilih nama akun yang tidak digunakan ( yang berbahasa Inggris), kemudian hapus semua kecuali Misposting Account & Suspense Account. → Close.
  8. Klik Defaults → Company Preferences → System → FIFO Costing → Ok.
  9. 12.  Defaults → Financial Years → January 2007 → Yes.
  10. Defaults → Currency → edit, untuk menambah jenis mata uangnya, yaitu mata uang Rupiah – Indonesia (di no. 19) → Ok.
  11. Defaults → Departement → yang bagian atas diganti dengan → Pemasaran dan Payrolldiganti dengan Administrasi
  12. Defaults → Product Categories :   1. Monitor

2. Printer

  1. Defaults → Fix Asset Categories :  1. Kendaraan

2. Gedung

  1. Klik icon View → Customers → Customers Card

 

Customers Code     : C – 001
Customers Name    :

 

 

Contact Person        :

Telp  :

Depart                     :

Credit Limit            :

Term :

Toko Nirmala

Jl. Nirwana 56

Yogya

Upik

68798099

Pemasaran

Rp. 600.000,-

2/10, n/30

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Setelah itu pilih default ; currency
  • Currency = Rupiah ; Indonesia
  • Customers default
o/b
  • Pada kotak Customers Balance  klik pada icon -

→ Yes.

  • Dalam kotak tersebut → ketik saldo awal → tanggal (Date) 01/01/00
  • Pada pilihan → Invoice (piutang) → ketik “75000” → Save 2x.
  1. Klik icon View → Customers → Customers Card
Customers Code     : C – 002
Customers Name    :

 

Contact Person        :

Telp  :

Depart                     :

Credit Limit            :

Term :

Toko Oki

Jl. Pesona 43

Hasan

67899968

Pemasaran

Rp. 600.000,-

2/10, n/30

 

 

 

 

 

 

 

  • Currency = Rupiah
  • Customers default
o/b
  • Pada kotak Customers Balance  klik pada icon -

→ Yes.

  • Dalam kotak tersebut → ketik saldo awal → tanggal (Date) 01/01/00
  • Pada pilihan → Invoice (piutang) → ketik “100000” → Save 2x.
  1. Close → maka akan muncul tampilan dengan layar penuh nama customers : Toko Nirmala dan Toko Oki → Close → kembali pada layar DacEasy Accounting & Payroll 95.
  2. Klik icon View → Vendors → Vendors Card
  3. Defaults →.Vendors default
  4. Dalam kotak isian :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Untuk nama perusahaan sesuaikan dengan data pemasoknya (data vendor), misalnya PT Juwita.
  • Credit Limit (batas credit) nya = Rp. 850000,-
  • Currency = Rupiah
  • Dalam kotak tersebut → ketik saldo awal → tanggal (Date) 01/01/00
  • Pada pilihan → Invoice → ketik “192000” → Save 2x.
  1. Defaults →.Products defaults →.Product Card
  2. Dalam kotak isian : (untuk Produk : Monitor/printer)

 

Yang perlu diisi dalam isi data tersebut adalah :

  1. Untuk Product Code : P-001
  2. Description : (Nama Produk) misalnya Monitor / Printer
  3. Departement : Pemasaran atau Administrasi
  4. Category : Monitor / Printer
  5. Vendornya : V-001 ; PT Juwita
  • Sales Price (harga jual) = 10500 / 13000
o/b
  • Cost Price = Rp. 8000 / 11500 → instock

- Yes

  • Available : 20 / 10(Stock)
  • In stock   1600000 / 115000
  • Recorder level → Rec. Level = 5 / 5
  • Recorder Quantity = jumlah order = 15 /13

 

  1.   General Ledger → Account Card:
  • Kas → Rp. 150000,-  (Pada Debet)
  • Bank BPD → Rp 302000,- (Pada Debet)
  • Modal → Rp.710000,- (Pada Kredit)
  • Piutang dagang → Rp. 175000,-
  • Persediaan Perdagangan → Rp. 275000,-
  • Utang dagang → Rp. 192.000,-
  1.   Invoicing product = Penjualan
  • Toko Nirmala → Invoice → invoice date diganti → 05/01/07
  • Code = P- 001 , → Monitor
  • Qty = 15
  • amt paid = sejumlah total, Next to pay = 0 → Save → Close.
  1.   Untuk penjualan almari tanggal 12 Januari 2007 :
  • Toko Oki → Invoice → invoice date diganti → 08/01/07
  • Code = P- 002, → Printer
  • Qty = 13
  • amt paid = sejumlah total, Next to pay = 0 → Save → Close.

 

  1.   Untuk penjualan tanggal 15 Januari 2007, Melalui Product credit memo.

Penjualan tanggal 15,  diposting dulu, melalui → Invoicing Update ledger → close

  1.   Pilih icon Bank → klik Current Deposit → accountnya : Toko Oki.

Sesuaikan dengan tanggal pelunasan pada soal tambahan.

  1.   Dicetak : Financial → Trial Balance, Profit n Loss dan Current Balance

Sheet.

  1.   General Ledger → Reports →Account Balance → Run

→ Additional Report Filter

- General dari Nama Akun Awal (1111) sampai terakhir (9999) → Print.

  1.  Simpan File → Back up →H:\ Modul 4 atau D:\ Modul+4 → Setup maka file

akan diset up (disimpan) sampai file success.

  1. Untuk menyimpan file yang telah kita buat → klik  File → Back up → pilih

folder penyimpanan yang telah kita buat di bagian awal tadi, misalnya H: \

       Modul 4 → Setup maka file akan diset up (disimpan) sampai file success.

 

B. Listing

     Terlampir

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

No related posts.