MODUL V

Laporan keuangan Perusahaan 

Bulan januari 2000

 

  1. A.    PEMBAHASAN

Ada beberapa tahapan-tahapan dalam membuat Data Perusahaan dan Akun, antara lain sebagai berikut :

  1. Dalam membuat Data akun setelah membuat COA nya, kemudian → klik General LedgerAccount Card, kemudian isi dengan nama-nama akun dan kodenya masing-masing, kode dan nama akun tersebut sesuai dengan yang ada pada soal tambahan, yaitu dari Kas (kodenya : 111110) → Save sampai dengan Biaya lain-lain (kodenya 511550) → Save.
  2. Untuk Nama Bank → klik icon BankBank Card → pada account detail → Bank detail → isikan data Bank yang akan digunakan, misalnya Biem Bank  Ok. → Save.
  3. Tetapkan Control Account dengan cara :

Pilih Menu Defaults-Control Accounts

Isikan Control Accounts sesuai dengan nama akun seperti data akun diatas.

Tekan OK

Tekan Close

 

  1. Kemudian Klik General Ledger → pilih nama akun yang tidak digunakan ( yang berbahasa Inggris), kemudian hapus semua kecuali Misposting Account & Suspense Account. → Close.
  • Isikan kondisi default DacEasy Accounting & Payroll 95.Dengan cara :

-  Pilih Defaults

-  Pilih Company Preferences

Ubah isian pada tab System-Inventory disesuaikan dengan kebijakan

akuntansi perusahaan yaitu Average Costing → OK

- Pilih Financial Year Financial Years → January 2005→ Yes.

-  Pilih Currency → edit, untuk menambah jenis mata uangnya, yaitu mata

uang Rupiah – Indonesia (di no. 19) → Ok.

-  Pilih Departments

Tekan Edit untuk merubah nama Departemen yang bagian atas diganti

dengan → Barang

  1. Klik icon View → Customers → Customers Card
Customers Code     : C – 1
Customers Name    :

 

 

Contact Person        :

Telp  :

Depart                     :

Credit Limit            :

Term :

PT. Damai

Sleman

 

Dewi

4059112

Barang

Rp. 500.000,-

2/10, n/30

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Setelah itu pilih default ; currency
  • Currency = Rupiah ; Indonesia
  • Customers default
o/b
  • Pada kotak Customers Balance  klik pada icon -

→ Yes.

  • Dalam kotak tersebut → ketik saldo awal → tanggal (Date) 01/01/05
  • Pada pilihan → Invoice (piutang) → ketik “400000” → Save 2x.
  1. Klik icon View → Vendors → Vendors Card

 

 

 

 

 

 

  1. Defaults →.Vendors default
  2. Dalam kotak isian
Vendors Code     : V – 1
Vendors Name    :

 

 

Contact Person        :

Telp  :

Depart                     :

Credit Limit            :

Term :

PT. Vidi

Sleman

 

Tanti

7788420

Barang

Rp. 2000.000,-

5/20, n/30

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Currency = Rupiah
  • Dalam kotak tersebut → ketik saldo awal → tanggal (Date) 01/01/05
  • Pada pilihan → Invoice → ketik “800000” → Save 2x.
  1. Defaults →.Products defaults →.Product Card
  2. Dalam kotak isian : (untuk Produk : LCD)
Product Code       : P – 1
              Vendors  :

 

 

Contact Person        :

Telp  :

Depart                     :

PT. Vidi

Sleman

 

Dewi

4059112

Barang

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Yang perlu dirubah dalam isi kotak tersebut adalah :

  • Sales Price (harga jual) = 80.000
o/b
  • Cost Price = Rp. 2500 →  instock

- Yes

  • Available : 10 (Stock)
  • In stock   60000
  • Recorder level → Rec. Level = 5
  • Recorder Quantity = jumlah order = 10

 

  1.   General Ledger → Account Card:
  • Kas → Rp. 700.000,-  (Pada Debet)
  • Biem Bank  → Rp 300.000,- (Pada Debet)
  • Modal → Rp.1200.000,- (Pada Kredit)
  • Piutang dagang → Rp. 400000,- (Sudah termuat dalam general ledger)
  • Persediaan Perdagangan → Rp. 600.000,- (Sudah termuat dalam general
  •  ledger)
  • Utang dagang → Rp. 800.000,- (Sudah termuat dalam general ledger)
  1. Transaksi-Transaksi :
  2. Membuat Customer baru dengan nama PT. Jaya (Kode, Nama Customers, Alamat)

1. Transaksi tanggal 9 januari Klik pada tombol  Invoicing

 

2. Transaksi 14 Klik icon Bank, pilih Customer Deposit

 

Isikan Data pada table diatas dan di Payment ketikkan Rp. 200.000,- Save

  1. Transaksi Tanggal 19, Buatlah Vendor baru dengan nama PT Wijaya     (Kode, Nama, Alamat)
    1. Buat Produk baru dengan descriptionnya Printer (Code P-2), Vendor Code V-2, Harga jual Rp.70.000,- dan Harga Beli Rp.50.000.
    2. Kemudian Klik Icon Purchase Order

Transaksi Vendor (V-2), PO nya dihilangkan, Kode Produk P-2 (Printer) dengan Quantity = 10.

  1. PO diupdate ledger

 

  1. Transaksi tanggal 20 Klik Invoicing

 

Isikan Datanya sesuai table.

5. Transaksi Tanggal 26 Invoicingkemudian Product Credit Memo, dan   Isikan datanya.

 

 

6. Dicetak : Financial → Trial Balance, Profit n Loss dan Current Balance

Sheet.

  1. General Ledger → Reports →Account Balance → Run

→ Additional Report Filter

8. – General dari Nama Akun Awal (111110) sampai terakhir (9999) →      Print.

 

          B. Listing Terlampir

 

 

 

 

 

No related posts.