Laporan praktikum akuntansi pengantar 3

MODUL  3

PEMBUATAN ACTIVA TETAP DAN CUSTOMER

 1.Membuat Data Perusahaan

●Pilih File – New Company, Isikan identitas perusahaan

●Pilih Next, Setting awal periode akuntansi perusahaan (bulan+tahun)

●Pilih Next 2x, Beri tanda silang pada Create your Own

●Pilih Next, Isikan pada Data directory dengan folder penyimpanan file (contoh:H:\akun) → Nama

folder tidak boleh ada spasi & jumlah karakter max 8 karakter

●Pilih Next, kemudian pilih Finish

 

2.Memasukkan Data Awal Perusahaan (Data Akun)

●Pilih Icon General Ledger atau View – General Ledger

●Pilih Account Card, Isikan No.Rekening ke dalam isian Code dan isikan Nama Rekening ke dalam

Name

●Untuk menyimpannya, pilih tombol Save atau tekan tombol Alt+S

 

3.Membuat Daftar Control Account

●Pilih Menu Default - Control Account

●Gantilah kode akun/rekening pada kolom Account sesuai dengan kode akun/rekening soal

Account Payable Utang Dagang
Account Receivable Piutang dagang
Accruals Pendapatan Diterima Dimuka
Bad Debts Biaya Kerugian Piutang
Cost Of Goods Sold HPP
Default Bank Bank (mis : Danamon)
Default Expenses Biaya Lain-lain
Default Finance Charges Pendapatan Lain-lain
Default Sales Penjualan
Inventory Persediaan Brg Dagangan
Mispostings Mispostings
Prepayment Biaya Dibayar Dimuka
Purchase Discounts Potongan Pembelian
Retained Earnings Laba Ditahan
Sales Discounts Potongan Penjualan
Sales Tax Utang Pajak
Shipping Expenses Biaya Angkut
Shipping Revenue Pendapatan Jasa
Suspense Suspense
Tax On Purchases Biaya Pajak Pembelian

●Selanjutnya pilih OK, Close

●Hapus semua file berbahasa inggris kecuali Misposting & Suspense

 

4.Mensetting Informasi Umum (Pensettingan dilakukan di Menu Default)

 

●Pilih Company Preferences – System - Inventory, pilih FIFO Costing ●Pilih Department, isikan departemen yang ada di perusahaan

●Pilih Product Categories, isikan kategori produk yang ada di perusahaan

●Pilih Fixed Assets Categories, isikan kategori aktiva tetap yang ada di perusahaan

●Pilih Customer Default, isikan data customer yang diperlukan sesuai soal

●Pilih Vendor Default, isikan data vendor yang diperlukan sesuai soal

●Pilih Currency, untuk mengatur nilai mata uang

●Pilih Change Date Program, untuk mengatur waktu/tanggal program

 

5. Memasukkan Data Customer / Pelanggan

 

Pilih icon Customers atau menu View – Customers, kemudian pilih Customer Card

Stmik Akakom Yogyakarta

Isikan pada Customer Code = kode Customer, Customer Name = Nama Customer, Address1 =

alamat Customer, Contact person, telephone = no.telp, Credit Limit = batas kredit dan Customer

Balances = saldo piutang (Untuk pengisian saldo piutang pada Ref = O/BAL, Date = tgl awal periode

akuntansi, Invoice = jumlah saldo piutang)

  • Pilih icon category, pilih customer card.
  •  kode customer dengan C01,nama customer dengan SMK Mandiri,kemudian kita isikan credit limit  dengan 550000
  • balancenya dimana untuk pengisian untuk saldo piutang Ref diisi dengan O/B, Date diisi dengan 01/01/07,
  • inovoicing dengan 54000. Begitupun dengan yang kedua pada Toko Ceria.
  • Pilih icon vendor, pilih customer card.kemudian kita isikan kode vendor dengan V01,nama vendor dengan PT.Sasmita,kemudian kita isikan credit limit  dengan 800000 dan vendor balancenya  dimana untuk pengisian untuk saldo piutang Ref diisi dengan O/B, Date diisi dengan 01/01/07, inovoicing dengan 185000.

 

 

6.Memasukkan Data Vendor / Pemasok

●Pilih icon Vendors atau menu View – Vendors, kemudian pilih Vendor Card

●Isikan pada Vendor Code = kode terserah pengisi

-      Vendor Name = Nama Vendor

-          Address1 = alamat Vendor,

-          Contact person,

-          telephone = no.telp,

-          Credit Limit = batas kredit

-          Vendor Balances =saldo utang (Untuk pengisian saldo utang pada Ref = O/BAL, Date = tgl awal periode akuntansi,

-          Invoice = jumlah saldo utang)

 

●Pilih Save 2x

 

 

7.Memasukkan Data Product / Barang

●Pilih icon Products atau menu View – Products, kemudian pilih Product Card

●Isikan pada Product Code = kode brg, Description = Nama brg, Department = nama departemen,

Category = kategori brg , Vendor code = kode vendor, Sales price = harga jual, reorder level,

reorder Qty = jumlah order dan In Stock = jumlah stok & kos (Untuk pengisian pada Ref = O/BAL,

Date = tgl awal periode akuntansi, Quantity = jumlah stok, Cost = jumlah kos)

 

 

v  Description = Almari

v  Product Code = P01

v  Sales Price = 25000

v  Re-Order Level = 5

v  Re-Order Qty = 8

v  Untuk Stock dan Cost diisi dari in cost

Ref diisi dengan O/B ,date diisi dangan 01/01/07 ,quality diisi dengan 5, cost diisi dengan 20000.

Begitu pen dengan pengisian selanjutnya seperti cara diatas.

 

8.Membuat COA

 

●Pilih Icon General Ledger atau View – General Ledger

●Pilih Chart Of Account – Add, isikan nama COA yang akan dibuat, pilih OK

10.Memasukkan Data Transaksi

●Untuk Penjualan menggunakan Invoicing – Product Invoice

●Untuk Retur Penjualan menggunakan Invoicing – Product Credit Memo

●Untuk pemesanan barang ke Customer menggunakan Invoicing – Product Invoice tapi pada Quate

diberi tanda silang

●Untuk penerimaan barang yang dipesan dari Customer menggunakan Invoicing – Product Invoice

tapi pada Quate tanda silang dihilangkan.

●Untuk Pembelian Purchase Order – Purchase Order Entry

● Untuk Retur Pembelian Purchase Order – Purchase Return Entry

●Untuk pemesanan barang ke Vendor menggunakan Purchase Order – Purchase Order Entry tapi

pada PO diberi tanda silang

●Untuk penerimaan barang yang dipesan dari Vendor menggunakan Purchase Order – Purchase

Order Entry dan pada PO  tanda silang dihilangkan

●Untuk penerimaan angsuran piutang dari pelanggan melalui bank menggunakan Bank – Customer

Deposit

 

 

9.Posting Transaksi

●Untuk Penjualan, Pilih Invoicing – pilih transaksi yang akan diposting kemudian pilih  Update

Ledger – Preview –OK.

●Untuk Pembelian, Pilih Purchase Order – pilih transaksi yang akan diposting kemudian pilih

Update Ledger – Preview –OK.

 

  • Transaksi pertama terjadi pada tanggal 7 Januari masuk ke tab invoicing karena perusahaan menjual secara tunai code meja, Qty=3. Pada Amount paid diisi sama dengan total karena penjualan tunai. Pada transaksi tanggal 12 januari  masuk ke tab inovoicing karena perusahaan melakukan penjualan code almari dengan Qty = 2. Kemudian update. print dengan memilih tab Financials – Trial balance.
  • Setelah semua selesai kemudian kita update leger-preview-ok.kemudian pada menu financial kita pilih trial balance lalu kita run dan kita akan mengetahui hasil akhirnya 758000 pada bulan January 2007.

 

10.Mencetak Laporan Keuangan (Semua laporan dari menu Financials)

●Neraca Saldo Disesuaikan, pilih Trial Balance – Run

Laporan praktikum akuntansi pengantar 2

MODUL II

CONTROL ACCOUNTS DAN DEFAULT

A.PEMBAHASAN

TAMBAHAN SOAL PRAKTIKUM

  1. Untuk memasukkan data perusahaan
  • Klik view icon general leger atau gambar seperti buku
  • Klik account card,isikan semua nama akun dank kode rekening akunnya dari tambahan soal praktikum seperti pada soal.
  • Klik save untuk menyimpannya
  1. Membuat daftar Control Account
  • Pilih menu default kemudian control account stelah itu kita isikan kode rekening akun mulai dari Account payable sampai Tax on purchase
  • Kemudian klik ok.
  • Kemudian buka kembali general manager hapus semua file bebahasa inggris kecuali Misposting dan Suspense setelah selesai klik close
  1. Langkah ke 3 adalah mensetting informasi umum yang terdapat 8 kotak isian
  • Pilih menu default kemudian klik company preferences pilih system kemudian diganti dengan FIFO Costing klik ok
  • Pada isi yang kedua pilih menu default pilih financial year kita isikan bulan dan tahunnya sesuai dengan soal yang ada January 2000
  • Pada isian yang ketiga pilih menu default kemudian kita pilih Tax Code pilih T4 klik edit kita ganti 10 karena pajak yang ada diperusahaan adalah 10% kemudian klik ok.

Pilih default lagi klik currency kemudian kita mencari tempat yang kosong klik edit tuliskan rupiah Country Indonesia. Klik ok

  • Pilih default selanjutnya kita pilih departments. Klik edit untuk merubah nama departemen menjadi jual beli produk teknologi dan Administrasi dan umum.klik ok
  • Pilih default selanjutnya pilih product category kemudian klik edik lalu kita isikan kategori produk personal computer dan kamera digital lalu klik ok dan close
  • Pilih default kemudian pilih fixed assets category kemudian pilih edit, isikan peralatan kantor , bangunan ,dan tanah  kemudian klik ok ,close.
  • pilih Defaults, kemudian pilih Customer Defaults, isi/pilih Departement dengan 5 pemasaran, isi Credit limit dengan angka 10000, Terms dengan 2/10-n/30, Payment duo dengan 30, Sett Days dengan 10,Sett  Discount dengan angka 2, Sales Account dengan 410, Tax Code dengan T4 10, Currency dengan 19 rupiah, Discount dengan , Additional Disc dengan No additional.lalu klik Ok.
  • pilih Default, kemudian pilih Vendor Default, kemudian isi/ pilih Departement 1 jual beli produk teknologi informasi, credit limit dengan 20000, Terms dengan 2/10 n/30, Payment Duo dengan 30, Selt Days dengan 5207, dan Tax Code dengan T4 10, dan yang terakhir Currency dengan 19 Rupiah, kemudian klik Ok.
  1. Memasukkan data customer
  • Pilih icon category, pilih customer card.kemudian kita isikan kode customer dengan C01,nama customer dengan Toko Ceria,kemudian kita isikan credit limit  dengan 250000 dan balancenya dimana untuk pengisian untuk saldo piutang Ref diisi dengan O/B, Date diisi dengan 01/01/00, inovoicing dengan 400. Begitupun dengan yang kedua.
  1. Memasukkan data vendor
  • Pilih icon vendor, pilih customer card.kemudian kita isikan kode vendor dengan V01,nama vendor dengan PT.jaya,kemudian kita isikan credit limit  dengan 300000 dan vendor balancenya  dimana untuk pengisian untuk saldo piutang Ref diisi dengan O/B, Date diisi dengan 01/01/00, inovoicing dengan 5000.
  1. Memasukkan data product

Memasukan Produk hamper sama dengan memasukan data. Yaitu:

v  Pilih Products pada Icon

v  Pilih Products Card

v  Description = komputer pentium 4

v  Product Code = P01

v  Sales Price = 3500

v  Re-Order Level = 5

v  Re-Order Qty = 10

v  Untuk Stock dan Cost diisi dari in cost

Ref diisi dengan O/B ,date diisi dangan 01/01/00 ,quality diisi dengan 3, cost diisi dengan 3000.

Begitu pen dengan pengisian selanjutnya seperti cara diatas.

  1. Transaksi pada bulan januari pengisiannya ;
  • Transaksi pertama terjadi pada tanggal 3 Januari masuk ke tab invoicing karena perusahaan menjual secara tunai. Pada Amount paid diisi sama dengan total karena penjualan tunai. Pada transaksi tanggal 5 januari  masuk ke Purchase Order karena perusahaan melakukan pemesanan. Jika terjadi penjualan maka akan masuk ke purchase order juga. Karena barang baru diterima pada tanggal 8 januari maka hilangkan tanda (unmark) PO yang berarti barang belum diterima. Kemudian print dengan memilih tab Financials – Trial balance.

Dari hasil listing kita akan mengetahui hasil laporan rugi atau laba yang kita buat dan neraca saldo dimana pada perusahaan memperoleh keuntungan dari hasil penjualan.

Laporan praktikum akuntansi pengantar 1

Modul 1

DATA PERUSAHAAN DAN AKUN

  1. PEMBAHASAN

v  Langkah 1 : Buatlah kode akun tersendiri untuk Junita kusuma dewi/103110062, kemudian tetapkan struktur akun tersebut sebagai struktur akun default kemudian Untuk mengisikan kode rekening klik icon general ledger atau pilih view – general ledger. Kemudian pada menu General Ledger, klik icon Chart of Account. Klik tombol Add untuk mengisikan judul dari struktur kode akun. Kemudian pilih table Category Type yang digunakan untuk mengisikan kelompok-kelompok akun. Pilih table Category Account digunakan untuk mengisi  rincian sub kelompok.  

TAMBAHAN SOAL PRAKTIKUM

Pada soal ini nama rekening harus dikelompokan kedalam category type agar lebih mudah setelah itu tinggal memasukkan data-data yang ada.

Pada soal ini yang termasuk

aktiva lancar :

  • · 1111                            Kas                                                      5000
  • · 1121                            Bank Danamon                                   3000
  • · 1131                            Piutang dagang                                   1000
  • · 1141                            Persediaan dagangan                         9000
  • · 1142                            Cadangan kerugian piutang
  • · 1151                            Biaya dibayar dimuka

 

Utang :

  • 2111                       Utang dagang                                     5000
  • 2121                       Utang pajak
  • 2122                       Pendapatan diterima dimuka
  • 9998                       Mispostings
  • 9999                       Suspenses

Modal :

  • 3111                       Modal                                                  13000
  • 3121                       Laba ditahan

Sales(pendapatan)

  • 4111                       Penjualan
  • 4121                       Potongan penjualan
  • 4131                       Pendapatan jasa
  • 4141                       Pendapatan lain-lain

Pembelian :

  • 5111                       HPP
  • 5121                       Biaya angkut
  • 5131                       Biaya pajak pembelian
  • 5141                       Potongan pembelian

Biaya operasi (Direct Expenses) :

  • 5151                       Biaya kerugian piutang
  • 5155                       Biaya lain-lain

 

v  Langkah 2 : Isikan Akun untuk junita kusuma dewi/103110062 tanpa menghapus akun yang telah ditetapkan oleh DacEasy Accounting Payrol95. Untuk mengisikan akun –akunnya tidak perlu memperdulikan akun yang telah ditetapkan oleh DacEasy Accounting Payrol95. Jika kode akun tersebut ternyata sama dengan akun yang telah ditetapkan DacEasy Accounting Payrol95, maka bisa mengganti deskripsinya secara langsung dengan cara mengisikan rincian akun :

  • Klik icon General Ledger atau pilih View – General Ledger
  • Kemudian klik Account Card disisi paling kiri.
  • Pada isian Kode , isikan kode akun kemudian tekan TAB
  • Pada isian Name, isikan nama akun kemudian klik save di kiri bawah

 

v  Langkah 3 : Isikan akun Bank Account, Bank Account adalah Junita kusuma Dewi/103110062  buat  menyimpan kas.isikan akun Bank Accounts klik icon bank kemudian klik icon Bank Card pada tab Account Detail.pada account name kita isikan Bank Danamon. Kemudian minimum limit kita isikan 3000. Untuk kodenya kita isikan kode bank 1121  pada tab bank detail isikan data bank, klik save kemudian isikan Bank account klik close untuk semua Bank Account diisi dan klik close untuk keluar dari modul Bank.

periode akun biasanya diawali awal bulan.pada akuntansi ini ada 2 periode akun 12 bulan dan 13 bulan(perusahaan menambahkan periode,dari januari sampai januari)

Pada data directory file yang disimpan tidak boleh lebih dari 8 karakter dan harus menghindari spasi dan tanda-tanda += dll.

Sistem operasi modul 8

LAPORAN BAB 8

 

KDEControl center menyediakan  fasilitas untuk melakukan pengaturan berbagai seting dekstop KDE Control center,digunakan untuk memudahkan user melakukan berbagai pengaturan seting KDE

1.PRATIKUM

a.merubah background :a.konfigurasi latar belakang

ð  Digunakan untuk mengkonfigurasi warna dan walpaper dekstop KDE,

2.Screen sever

ð  Beri tanda pada opsi pada tombol enable screen saver  untuk mengaktifkan screen saver kemudian pilih tipe screen saver yang akan di terapkan kmudian klik setup untuk mengatur screen saver,dengan screen saver akan lebih membuat menarik pada sistem operasi linux

3.Date and Time

 

ð  Akan menampilkan pengaturan yang mengatur tentang waktu dan tanggal yang akan ditampilkan pada Toolbar.

2. LISTING

Terlampir