Cloud Computing

Komputasi awan (bahasa Inggriscloud computing) adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (‘komputasi‘) dan pengembangan berbasis Internet (‘awan’). Awan (cloud) adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Sebagaimana awan dalam diagram jaringan komputer tersebut, awan (cloud) dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya.[1] Ia adalah suatu metoda komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan (as a service), [2] sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat Internet (“di dalam awan”) [3] tanpa mengetahui apa yang ada didalamnya, ahli dengannya, atau memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya.[4] Menurut sebuah makalah tahun 2008 yang dipublikasi IEEE Internet Computing ”Cloud Computing adalah suatu paradigma di mana informasi secara permanen tersimpan di server di internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna (client) termasuk di dalamnya adalah desktop, komputer tablet, notebook, komputer tembok, handheld, sensor-sensor, monitor dan lain-lain.”[5]

Komputasi awan adalah suatu konsep umum yang mencakup SaaSWeb 2.0, dan tren teknologi terbaru lain yang dikenal luas, dengan tema umum berupa ketergantungan terhadap Internet untuk memberikan kebutuhan komputasi pengguna. Sebagai contoh, Google Apps menyediakan aplikasi bisnis umum secara daring yang diakses melalui suatupenjelajah web dengan perangkat lunak dan data yang tersimpan di server. Komputasi awan saat ini merupakan trend teknologi terbaru, dan contoh bentuk pengembangan dari teknologi Cloud Computing ini adalah iCloud [6]

Sumber

http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_awan

Deskripsi Kubuntu

Kubuntu (play /kˈbnt/ merupakan varian resmi dari Ubuntu yang menggunakan KDE sebagai lingkungan Desktop nya, berbeda dengan Ubuntu yang menggunakan Gnome dan Xubuntu yang menggunakan Xfce sebagai lingkungan desktop nya. Kubuntu didistribusikan secara gratis, Kubuntu bisa didapatkan dengan cuma-cuma, baik melalui media unduh atau ShipIt.

Nama Kubuntu berarti “Untuk Kemanusian” dalam bahasa Bemba.

Perbedaan Kubuntu dengan Ubuntu

Instalasi Ubuntu akan memiliki desktop GNOME, aplikasi GNOME dan GTK+ admin tools. Sedangkan instalasi Kubuntu memiliki dekstop KDE, aplikasi KDE contoh KontactKonqueror, dan KDE admin tools contoh Kpackagekit. Sebagai tambahan, Kubuntu lebih menggunakan paket dari KDE/Qt daripada GTK+ toolkit berbasis aplikasi. Tetapi, ada beberapa cara untuk menginstal dari sistem peranti yang berbeda ini, contohnya Menginstall Ubuntu kemudian menambahkan KDE, atau menginstall Kubuntu ‘metapackage’.
kubuntu 1 kubuntu2 null kubuntu3
Kubuntu mengikuti sistem penamaan yang sama dengan Ubuntu, yang setiap rilis memiliki nama kode, dan sebuah nomor versi berdasar pada tahun dan bulan rilis. Canonical menyediakan dukungan dan keamanan pemutakhiran untuk sebagian versi Kubuntu setelah 18 bulan rilis versi tersebut.[3] Kubuntu tersedia pada KDE 3.5 dan KDE 4.

Colour Arti
Merah Rilis lama; Tidak didukung
Kuning Rilis lama; Masih didukung
Hijau Rilis saat ini
Biru Rilis akan datang
Versi Tanggal Rilis Kode Sub Versi Didukung sampai Catatan
5.04 2005-04-08[4] Hoary Hedgehog Array 2006-10-31 Rilis awal, termasuk KDE 3.4 dan beberapa program KDE yang berguna. Beberapa perangkat lunaknya bukan software KDE resmi, termasuk AmarokKaffeineGwenview, dan K3b. Juga update-manager/upgrade-notifier, Kickstart.
5.10 2005-10-13[5][6] Breezy Badger Colony 2007-04-13 KDE 3.4.3 dan perangkat konfigurasi Guidance. Juga menyediakan Adept Package Manager, pertama kalinya memakai debtags untuk memudahkan pencarian (menggantikan Kynaptic package manager yang digunakan di rilis sebelumnya); System Settings, kcontrol yang dipebaharui dan KDE Bluetooth; proses booting secara grafis menampilkan progress bar (USplash); OEM Installer Support; Launchpad tracking; GCC 4.0.
6.06 LTS 2006-06-01[7][8] Dapper Drake Flight 2009-06 Rilis Long Term Support (LTS); Live CD dan Installer dalam satu disc; Ubiquity installer; Adept Notifier dan Simplified Installer; KOnfigurasi X Display melalui Guidance; Dukungan yang lebih baik untuk bahasa-bahasa Asia; Perangkat lunak jaringan Avahi
6.10 2006-10-26[9][10] Edgy Eft Knot 2008-04 KDE 3.5.5. Rilis ini menambahkan aplikasi manajemen foto Digikam dan dukungan terhadap penyandang cacat. System Settings didesain ulang, demikian pula perbaikan power management, dukungan terhadap laptop & jaringan. Menampilkan sistem pelaporan masalah secara otomatis dan Upstart.[11]
7.04 2007-04-19[12] Feisty Fawn Herd 2008-10 KDE 3.5.6; Migration assistant; KVM; Easy codec/instalasi driver terbatas; System Settings digabung kedalam kategori General & Advanced; Perbaikan manajemen printer Hewlett-Packard; Menampilkan KNetworkManager; Mendukung WPA; Sistem bantuan berdasarkan topik; Perbaikan penginstalan OEM; Dukungan terhadap PowerPC ditiadakan.
7.10 2007-10-18[13][14] Gutsy Gibbon Tribe 2009-04 Tema background baru. Dikeluarkan dengan Strigi dan Dolphin sebagai perlengkapan standar. GDebi graphical installer berbasis Qtuntuk package files. Pertama kali memasukkan Restricted Drivers Manager.[15] Paket ekstra khusus Kubuntu tersedia untuk diunduh dari repositori.
8.04  2008-04-24[16] Hardy Heron Alpha 2009-10[17] Ada dua versi: KDE 3.5 dan KDE 4.0 (yang hanya didukung komunitas). Versi ini ditujukan untuk mengimbangi Ubuntu yang berbasis GNOME.[18] Termasuk system-config-printer yang didasarkan pada Qt untuk mendeteksi printer secara otomatis, instalasi video codec yang mudah di Kaffeine, alat pengatur Compiz sederhana dan dimasukkannya Bulletproof X di KDM,[19][20] serta penangkap dan pelepas kursor tetikus secara otomatis saat beroperasi di mesin virtual VMware.
8.10 2008-10-30 Intrepid Ibex[21] Alpha 2010-04 KDE 4.1.2, Linux 2.6.27, Xserver 1.5, Adept Manager 3, KNetworkManager 0.7, efek-efek desktop KWin sebagai standar, integrasi berbagai perangkat Kubuntu.
9.04 2009-04-23 Jaunty Jackalope Alpha 2010-10 KDE 4.2.2, Kernel 2.6.28, Xserver 1.6, Adept diganti dengan KPackageKit,[22] implementasi ext4 filesystem, wkatu boot lebih cepat.[23], Dukungan KOmunitas PowerPC ditambahkan [24]
9.10 2009-10 Karmic Koala Alpha 2011-04 KDE 4.3 desktop environment sebagai standar

 

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Kubuntu

Motivasi & Harapan Masuk AKAKOM

 

Motivasi
motivasi
saya masuk STMIK AKAKOM adalah untuk menjadi programmer yang handal kemudian kaya raya lalu membahagiakan orang tua dan seluruh keluarga saya. Di STMIK AKAKOM ini saya ingin mempunyai banyak relasi dan sahabat sehingga nantinya dapat memudahkan jalan saya ke depan :)

Harapan
harapan
Saya harp dapat menguasai seluruh mata kuliah yang diberikan, mendapatkan IP yang bagus dan mudah mendapatkan pekerjaan. Saya juga berharap mendapatkan kawan-kawan yang baik yang dapat lebih mendorong semangat saya. Saya berharap AKAKOM juga dapat membangkitkan kemampuan desain grafis saya mengingat saya juga senang dengan hal tersebut. Amin :D